Faktor Penting SEO On Page Artikel Blog, Menuju Page 1 Google

Menuju Page 1 Google, sepertinya menggiurkan judulnya. Ya tidak bisa dipungkiri bahwasanya seorang Blogger bukan cuma sekedar menulis artikel saja namun juga harus memikirkan bagaimana caranya mendatangkan pengunjung ke blog kita, salah satunya melalui mesin pencari Google, untuk mendatangkan pengunjung dari google memang mudah-mudah sulit, selain harus memiliki artikel yang berkualitas kita juga harus memperhatikan SEO (Search Engine Optimization). yang paling dasar adalah Faktor SEO On Page, apa itu SEO On Page? saya akan jelaskan sedikit.
Pada dasarnya SEO dibagi menjadi 2 yaitu SEO On-Page dan SEO Off-Page, SEO off-page berarti kita mengoptimasi di luar website kita sendiri misalnya dengan mencari backlink.
SEO on-page adalah kebalikan dari off-page, kita mengoptimasi dari dalam website kita sendiri.

Artikel Tidak Muncul Di Mesin Pencari Google
Apakah ini yang terjadi pada Blog Sobat? sudah menulis banyak Artikel mencari banyak Backlink tapi tidak masuk dalam pencarian google, apalagi sampai page 1 Google. mungkin ada yang salah dengan SEO on-Page Blog Anda. Perhatikan dulu SEO On-Page baru SEO Off-Page, masa iya Rumah belum belum layak huni sudah ingin menerima Tamu?

Seo On Page Blog

Untuk Anda yang mengalami Hal ini, silahkan perhatikan lagi SEO On-Page dan cek satu persatu artikel sobat dengan Faktor-Faktor Penting SEO On-Page berikut ini:

1. Judul Halaman atau Judul Artikel Blog

Judul merupakan faktor penting dalam SEO on page, Biasanya ketika kita melakukan search di Google, judul halaman ditampilkan dengan ukuran besar berwarna biru. Ini menunjukkan pentingnya judul pada Postingan Blog kita. jadi buatlah judul yang menarik dan pastinya mengandung keyword yang di bidik. Dalam Blogger, Judul halaman sama dengan judul Artikel, beda dengan Wordpress judul halaman dengan judul artikel bisa dibedakan dengan bantuan plugin WordPress SEO atau All-in-one SEO Pack, kata para mastah SEO.

2. Search Description

Search description merupakan beberapa kata atau kalimat yang muncul di bawah judul halaman di hasil pencarian Google. kenapa search description disini sangat penting? karena dengan menyisipkan keyword dalam search description memberikan peluang lebih besar untuk muncul di halaman Google. Dimana letak search description di Blogger? ada disebalah kanan area Anda menulis Artikel. silahkan isi search description dengan kata yang menarik menyangkut dengan isi Postingan dan disispkan keyword.
Selain untuk kepentingan SEO, menulis Search description yang bagus juga bisa membantu orang yang melakukan search di mesin pencari. user Google akan dapat membaca poin penting halaman website kita di mesin pencari. sehinggan memberikan kesempatan lebih besar untuk dikunjungi.

3. URL Artikel

Pernah dengar keyword dalam Url?? nah ini merupakan Faktor penting dalam SEO. Pastikan keyword yang kita targetkan juga muncul di URL dan tidak ada kesalahan penulisan.
Contoh Artikel dengan Judul
 "Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Jerawat" pada Url Artikel bisa ditulis seperti ini:  http://www.kangazis.com/2015/02/faktor-faktor-penyebab-munculnya-jerawat.html
Dalam Blogger kita bisa setting Custom Url Artikel Kita, caranya Ada menu Link di samping Area penulisan Artikel, distu tersedia Automatic Permalink dan juga Custom Permalink, anda bisa pilih Custom Permalink, dalam hali ini Url yang lebih singkat lebih baik. karena kebanyakan orang mencari di google dengan menggunkan kata kunci yang pendek.

4. Optimasi Konten

Selain tiga faktor diatas, yang lebih penting adalah konten, ingat kata "Konten is King". jadi isi artikel adalah yang paling utama. banyak juga Blog tampa optimasi SEO namun bias masuk Page One Google karena kontenya yang berkualitas dimata google dan Pembaca. Sudah menulis Konten yang menarik namun kita juga perlu Optimasi Isi Konten kita.
Ada dua jenis kesalahan utama dari optimasi konten. Yang pertama adalah kurang dioptimasi, yang kedua justru optimasi berlebihan.
  • Kurang Optimasi biasanya ada beberapa penyebab, bisa jadi artikel tidak mengandung keyword yang di target, dan lebih parahnya Artikel kita terlalu pendek dimana dimata Google tidak akan dianggap. Artikel yang baik memiliki 400-500 Kata.
  • Optimasi Berlebihan dalam hal ini adalah terlalu banyak mengandung Keyword dalam Artikel sehingga Artikel tidak enak dibaca, dan juga terlalu banyak menggunakan BoldItalicUnderline.
Baca : Tips Cara Membuat Artikel Blog Anda Disukai Pembaca dan Google  
    5. Gambar dan Media Pendukung Artikel

    Apakah gambar atau media lain seperti Video penting dalam SEO artikel kita, terlepas dari penting atau tidaknya yang pasti dengan adanya Gambar atau Video maka Artikel kita lebih menarik dan enak dibaca yang membuat pengunjung betah. 
    Dengan meyisipkan Gambar pada Artikel Anda juga bisa mengoptimasi Gambar tersebut supaya lebih SEO friendly dimata google. dengan cara memberi Title Tag dan juga Alt Tag pada Gambarnya.dan yang sering saya lakukan juga adalah dengan menghilangkan Live Link pada gambar tersebut.

    6. Link Internal

    Link internal bisa membantu struktur website supaya lebih SEO-friendly dimata mesin pencari Google. Yang dimaksud dengan link internal yaitu tautan-tautan antara masing-masing artikel yang relevan di dalam satu website. misalnya Anda menulis Artikel "Faktor-Faktor Penyebab Jerawat" Anda bisa menyisipkan Tautan ke Postingan lain yang relevan dengan judul tersebut. dan sesekali juga Anda bisa menyisipkan Link Home Page Blog Sobat didalam Artikel.  dan jangan lupa memberikan Title Tag pada Link yang kita Pasang.
    Caranya : dari mode compose pindah ke mode Html, cari link yang kita pasang dan sisipkan kode title tag, seperti contoh dibawah ini
     <a href="http://www.kangazis.com/2014/06/meningkatkan-score-seo-dengan-cara-menghilangkan-icon-quick-edit-di-blogger.html" title="Meningkatkan Seo Score" target="_blank">Meningkatkan SEO Score dengan Menghapus Icon Quick Edit Pada Blog</a>
    Hindari melakukan link internal apabila artikelnya tidak relevan sama sekali, lakukan secara natural. manfaatkan juga fitue Label/Categories Pada Blogger supaya struktur blog lebih Bagus.

    Nah, selain faktor tersebut, untuk menuju page one google, kita juga harus perhatikan kecepatan loading blog kita karena ini sangat berpengaruh juga dalam SEO, karena kecepatan loading blog juga salah satu syarat google untuk meranking blog kita di mesin pencarian.
    baca Artikeri berikut ini : Cara Mempercepat Loading Blog

    6 Faktor SEO On Page yang sering saya Lakukan saat menulis Artikel supaya lebih seo Friendly dan lebih Mudah masuk mesin Pencari Google terutama untuk menuju Page One. selain 6 hal diatas juga masih banyak faktor lain yang mempengaruhi SEO, seperti Kecepatan Loading Blog,
    ( Baca Juga : Meningkatkan SEO Score dengan Menghapus Icon Quick Edit Pada Blog )
    hal ini berhubungan dengan template yang kita pakai, Pastikan Gunakan template yang Fast Loading, responsive dan juga SEO Friendly. Selamat malam semoga bermanfaat tips dari Newbie ini.




    sumber : http://www.kangazis.com/2015/02/faktor-penting-seo-on-page.html

    Komentar